Jadi Pilih Prebiotik atau Probiotik?

Prolog

Berbicara mengenai prebiotik dan probiotik seketika langsung terbayang salah satu produk Probiotik terkenal yaitu Yakult. bahkan sampai hafal tagline andalannya Yakult yaitu ” Cintai Ususmu, Minum Yakult Tiap Hari…” #hayoo, siapa yang sambil nyanyi?

sebelum lanjut membahas mana yang lebih utama antara prebotik atau probiotik, maka kita harus menyamakan presepsi kita terlebih dahulu. persepsi tentang apa? persepsi mengenai pengertian Prebiotik dan Probiotik itu sendiri.

Prebiotik Adalah?

Gambar diatas adalah beberapa contoh sayur-sayuran dan buah-buahan yang berguna sebagai sumber Prebiotik.

Prebiotik adalah zat yang dimanfaatkan secara selektif oleh inang mikroorganisme yang memberikan manfaat bagi kesehatan

ISSP, 2020

sederhananya, Prebiotik adalah makanan untuk “Microorganisme baik” yang ada disaluran pencernaan kita. Sistem pencernaan kita tidak bisa mencerna Prebiotik, namun Mikroba tertentu yang ada disistem percernaan kita bisa dan merubahnya menjadi berbagai senyawa yang bermanfaat seperti Asam Lemak rantai pendek (Short Chain Fatty Acid). Hasil pemanfaatan prebiotik oleh probiotik ini memiliki efek positif yakni dapat menyehatkan usus kita.

Probiotik Adalah ?

Sumber Gambar, Kiri-kanan (harapanrakyat.com; heb.com; shopee.com; amazon.com)

Gambar diatas adalah beberapa contoh produk yang mengandung Probiotik.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh ketika dikonsumsi. Sumber Probiotik dapat diperoleh dari Yogurt, makanan Fermentasi dan suplemen makanan.

NCCIH,2020

Nah, setelah mengetahui pengertian masing-masing dari Prebiotik dan Probitik, lalu apakah kita lantas dapat menyimpulkan mana yang lebih penting sementara prebiotik dan probiotik saling berhubungan satu sama lain.

simpelnya, seperti makhluk hidup lainnya, Probiotik membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya dan memperbanyak komunitasnya, dan makanan tersebut adalah Prebiotik. Jika ketersediaan Prebiotik sedikit, maka pertumbuhan Probiotik akan terganggu dan mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan kita.

Sementara jika kita mengonsumsi Prebiotik, sementara jumlah Probiotik di sistem pencernaan kita sedikit sekali, maka Prebiotik tidak akan tercerna secara maksimal.

Jenis Mikrobia Yang Ada di Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh ketika dikonsumsi. Sumber Probiotik dapat diperoleh dari Yogurt, makanan Fermentasi dan suplemen makanan.

Dalam produk probiotik kemungkinan mengandung beragam mikroorganisme. Mikroorganisme yang paling umum adalah kelompok bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium. Namun ada beberapa bakteri jenis lain yang dapat digunakan sebagai probiotik seperti Saccharomyces boulardii.

Berbagai jenis probiotik tersebut kemungkinan memiliki efek yang berbeda. Seperti jenis Lactobacillus dapat membantu mencegah penyakit dan menurut beberapa penelitian Bifidobacterium dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Lactobacillus L. Casei Pada Yakult
(https://yoyic.id/)
Bifidobacterium
(kagamatp.com)

Kesimpulan

Dari diskusi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Prebiotik dan Probiotik sama-sama penting bagi kesehatan tubuh kita. Dalam ilmu Biologi, mereka disebut sebagai Simbiosis Mutualisme, saling membutuhkan satu sama lain.

Semoga Bermanfaat, đŸ˜€

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.